Batik Motif Aceh Mulai diminati

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati masyarakat, terlebih pegawai negeri sipil selama daerah tersebut, tutur sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah banyak yang membuat batik dalam balai properti batik binaan dekranas aceh. hampir berbagai pemerintah kabupaten/kota sudah mencari supaya pakaian wajib sampingan kaum pegawainya, ujarnya di banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple ) selain agar pakaian dinas sampingan, ada serta bagian swasta seperti perbankan dan juga memesan batik motif aceh, ujar netty yang didampingi koordinator balai properti batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 sampai rp1 juta juga tergantung dari bidang kainnya.

balai rumah batik rata-rata mampu memproduksi 200 potong bakal kain baju semua bulan. batik dan diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin yang juga milik dekranas aceh.

( Info: Model Batik Couple ) ia mengatakan, terkandung beberapa jenis kain yang ada diminati penduduk selama provinsi paling ujung barat sumatera yakni berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) serta sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya dan paling diminati rencong, pintu aceh dan gayo, ujarnya dulu.

netty dan dan kepala jenis promosi pada badan investasi serta beriklan aceh itu menyebutkan pihaknya mempunyai lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia dan menyampaikan batik aceh memiliki motif yang menggunakan zat alam juga budaya dan perpaduan warna yang menonjol semisal merah, hijau, kuning serta merah muda.

motif yang dimanfaatkan di batik aceh serta ada kandungan makna falsafah hidup masyarakat aceh.

netty menungkapkan, web dekranas aceh ke depan rumah batik aceh tersebut akan direnovasi lebih bagus lagi, oleh karenanya menjadi objek wisata dan pusat studi juga latihan.

jadi, anak-anak aceh dan mempunyai bakat disainer, mampu belajar dalam balai itu, disamping supaya melestarikan batik aceh, ujarnya.